Permainan Tradisional Lengkapi Sesi Ngobrol Pintar Kebudayaan Banjar

Permainan Dakuan

Banjarmasin – Tanggal 23 Februari 2019 tepatnya di Ruang 38 FKIP ULM. Malam itu seluruh Mahasiswa Pendidikan Ilmu Komputer duduk tenang menunggu dimulainya sesi Ngobrol Pintar (Ngopi Malam) dalam rangkaian kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa. Meskipun kondisi pada malam itu cukup dingin karena baru saja diguyur hujan sejak pagi, mahasiswa tetap antusias untuk mengikuti kegiatan yang telah dijadwalkan oleh panitia penyelenggara.

M Suriani dan Hj Siti Nursiah selaku pemateri

Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa Pendidikan Ilmu Komputer ini merupakan agenda wajib pada setiap awal penerimaan mahasiswa baru di Program Studi Pendidikan Ilmu Komputer. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka membentuk karakter setiap mahasiswa. Sesuai dengan tema yang dipaparkan pada LDKM tahun ini yaitu “Menciptakan Pemimpin Masa Depan yang Beretika, Kritis, dan Berkompeten”. Salah satu agenda menarik yang dilaksanakan pada kesempatan tersebut adalah penyampaian materi mengenai Kebudayaan Banjar. Materi ini disampaikan oleh Muhammad Suriani dan Hj. Siti Nursiah, SE selaku Ketua Yayasan Bina Banua Pandamai. Pandamai sendiri adalah kampung permainan tradisional banua. Yayasan ini dibentuk dengan tujuan untuk melestarikan budaya permainan tradisional di Kalimantan Selatan.

Mahasiswa mencoba permainan Balogo
Berbagai alat permainan tradisional Banua

Berbagai alat permainan tradisional dibawa oleh pemateri saat kegiatan berlangsung. Beberapa  diantaranya adalah balogo, dakuan, gasing, dan engrang (batungkau). Kemudian, pemateri mendemontrasikan  cara penggunaan dan aturan mainnya. Seluruh mahasiswa terlihat antusias untuk mencoba permainan tersebut. Ternyata dengan bermain permainan tradisional dapat mengalahkan keasyikan saat bermain game online ujar Hj. Siti Nursiah. Harapan beliau adalah tetap terjaganya kelestarian budaya banua khususnya permainan tradisional baik itu masa kini dan nanti.

Penyerahan kenang kenangan dari ketua umum HIMPIKOM
Foto bersama pemateri kebudayaan banjar

Penulis : Bekti Utami (15 Maret 2019)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *