Pengajian Rutin Pilkom Jelang Masa Aktif Perkuliahan

Banjarmasin, pilkom.ulm.ac.id – Menjelang masa aktif perkuliahan sudah seharusnya mahasiswa mempersiapkan dirinya dengan baik, khususnya mahasiswa baru pada setiap universitas. Bertepatan dengan momen tersebut (24/8), Pendidikan Ilmu Komputer melangsungkan kegiatan pengajian rutin bulanan. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka penguatan nilai keagamaan, khususnya Agama Islam dalam diri mahasiswa. Karena sejatinya setiap manusia membutuhkan kesejahteraan hidup, dan kesejahteraan itu dapat digapai jika kebutuhan jasmani dan rohaninya telah terpenuhi. Begitu pula dengan belajar, mahasiswa akan nyaman dalam belajar jika sudah diimbangi dengan adanya kebutuhan rohani. Pemahaman akan agama sangat penting dalam mengontrol diri agar tidak terpengaruhi dengan hal-hal negatif dari hasil perkembangan zaman. Pemahaman akan agama juga menguatkan mental, memperbaiki pola hidup dan etika mahasiswa, karena disana diajarkan tentang akhlaq dan fiqih.

Pemateri (Ustad Ahmad S.Ag, M.Fil.I)

Pengajian rutin pada bulan ini diisi oleh Ahmad S.Ag, M.Fil.I., yang merupakan Dosen Fakultas Ushuluddin dan Humaniora Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin. Kegiatan yang dilangsungkan di ruang 38 FKIP ULM Banjarmasin pada pagi hari itu dihadiri oleh dosen dan seluruh mahasiswa Pendidikan Ilmu Komputer. Kegiatan diawali dengan mengaji bersama dan dilanjutkan dengan ceramah mengenai Thaharah.

Thaharah yang artinya bersuci, dijelaskan secara terperinci dari mulai jenis air yang suci lagi mensucikan hingga jenis-jenis najis. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab dari mahasiswa. Tak sampai disitu, diberikan pula materi lain yang masih berkaitan dengan thaharah, yakni istinja. Kegiatan diakhiri dengan adanya pengundian doorprize sebagai penyegar suasana di bulan kemerdekaan ini.

Ditulis : 25 Agustus 2019

Oleh : Bekti Utami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *