Banjarmasin, pilkom.ulm.ac.id – Dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan yang ke 76 Negara Kesatuan Republik Indonesia, Program Studi Pendidikan Ilmu Komputer mengadakan Lomba Kreativitas Mahasiswa. Terdapat 3 kategori lomba yaitu Poster, Video Pendek dan Animasi menggunakan Scratch. Lomba ini dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa aktif Program Studi Pendidikan Ilmu Komputer, FKIP, ULM tanpa dipungut biaya apapun. Melalui Lomba Kreativitas Mahasiswa ini diharapkan dapat meningkatkan kreativitas para mahasiswa Prodi Pendidikan Ilmu Komputer dan sebagai wadah untuk melakukan seleksi bibit unggul mahasiswa yang memiliki minat dan bakat.
- Persyaratan Peserta
- Ketentuan Lomba
- Teknis Pelaksanaan Lomba
- Kriteria Penilaian
- Apresiasi dan Hadiah Pemenang Lomba
- Narahubung
Persyaratan Peserta
- Mahasiswa aktif Program Studi Pendidikan Ilmu Komputer;
- Peserta merupakan perorangan/individu;
- Panitia diperbolehkan menjadi peserta;
- Peserta diperbolehkan mengikuti lebih dari satu kategori lomba;
- Peserta WAJIB mengikuti akun resmi instagram HIMPIKOM_FKIPULM.
Ketentuan Umum
- Tema dari setiap kategori lomba adalah “Semangat Cinta Tanah Air”;
- WAJIB mencantumkan nama Program Studi Pendidikan Ilmu Komputer FKIP ULM, Lambang ULM serta logo nasional Kemerdekaan Indonesia yang ke 76 pada setiap karya;
- Karya HARUS menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar;
- Karya HARUS sesuai dengan tema yang telah diberikan.
- Karya merupakan karya ASLI peserta, tidak mengandung unsur pornografi , SARA, dan politik serta belum pernah dipublikasikan;
- Dilarang meniru/menjiplak karya yang sudah ada. Panitia tidak bertanggung jawab apabila ada klaim dari pihak lain atas ketidakorisinilan karya atau plagiarisme;
- Peserta diperbolehkan menggunakan stok desain dengan syarat harus menuliskan atribusi pemilik stok desain pada formulir submit karya;
- Setiap peserta diperbolehkan mengirimkan maksimal 2 karya perkategori lomba;
- Peserta setuju untuk memberikan hak kepada panitia lomba untuk menggunakan karyanya pada kegiatan non komersil tanpa mengurangi hak cipta peserta;
- Panitia akan mengunggah karya peserta di media sosial instagram HIMPIKOM_FKIPULM h+1 setelah pendaftaran ditutup;
- Jumlah like terbanyak hinggal tanggal 30 Agustus 2021 akan menjadi Juara Favorit;
- Panitia tidak menerima segala bentuk kecurangan yang berakibat pada pengurangan nilai dan diskualifikasi, maupun pembatalan juara lomba setelah ditetapkan;
- Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.
Ketentuan Lomba Poster
- File poster yang dihasilkan menggunakan ekstensi PNG/JPEG/JPG;
- Ukuran poster adalah A3 dengan resolusi 300 dpi dan besar file 3-5 Mb;
- Teknis dan gaya visualisasi bebas orisinal, asli 100% buatan sendiri, tidak memakai elemen yang melanggar hak cipta dan etika pembuatan karya cipta;
- Poster dapat dibuat dengan menggunakan perangkat lunak pengolah grafis atau digambar secara manual kemudian dipindai (scan) sehingga menghasilkan file digital.
Ketentuan Lomba Video Pendek
- Video dapat berupa film pendek, vlog, klip video, dokumenter, tiktok ataupun jenis video yang lain;
- Video yang dihasilkan menggunakan format .mp4 atau .mov;
- Resolusi video minimal 1280×720 pixel;
- Durasi video minimal 40 detik dan maksimal 5 menit;
- Teknis dan gaya visualisasi bebas;
- Bebas menggunakan peralatan apapun untuk merekam video (handphone, kamera, handycam, dll);
- Tidak diperbolehkan menggunakan materi pendukung seperti footage/music dari pihak ketiga tanpa izin dari pemilik materi aslinya. Penggunaan footage/music harus tetap mencantumkan credit title berupa caption. Contoh: courtesy of youtube.com/radityadika;
- Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Indonesia. Apabila terdapat bahasa asing atau bahasa daerah, WAJIB menyertakan subtitle (terjemahan) dalam Bahasa Indonesia;
- Penjurian akan sangat memperhatikan kualitas gambar, tata suara, dan isi dari film pendek sebagai poin penting dalam penilaian.
Ketentuan Lomba Animasi Menggunakan Scratch
Animasi Scratch yang dihasilkan harus mengandung unsur-unsur berikut:
- Blok Diagram. Animasi wajib menggunakan kategori blok yang disediakan oleh Scratch;
- Kontrol Alur Program. Instruksi yang terkait dengan pengertian algoritmik dari alur kontrol yang dapat membantu untuk mengontrol perilaku dari sprite, seperti blok yang diulang beberapa kali atau diulang hingga situasi tertentu muncul;
- Data Repsrentation. Setiap proyek Scratch membutuhkan sekumpulan informasi tentang sprite agar dapat berjalan dengan baik. Misalnya, kita perlu mengetahui posisi sprite, arah sprite, ukuran sprite. Selain itu, programmer dapat membuat repositori informasi baru untuk menyimpan data lain level/peringkat permainan, nyawa yang tersisa, award yang didapatkan, dll;
- Interaktifitas Pengguna. Instruksi yang berkaitan dengan interaktifitas pengguna dapat membantu proyek Scratch menjadi lebih interaktif, penggua dapat melakukan tindakan-tindakan aksi dari situasi dalam projek. Contoh, pengguna dapat menggunakan keyboard atau mouse untuk menggerakkan atau memindahkan sprite, dapat menanyakan pertanyaan, dan sebagainya;
- Sinkronisasi. Instruksi yang berkaitan dengan sinkronisasi yang memungkinkan beberap sprite dalam projek berjalan sesuai urutan yang kita inginkan;
- Paralelisme. Dalam sebagian besar kreasi Scratct, diperlukan tingkat paralelisme tertentu. Paralelisme adalah kemungkinan bahswa beberapa hal terjadi secara bersamaan. Misalnya, dua sprite melakukan suatu tindakan, sedangkan satu sprite melakukan berapa hal sekaligus;
- Logic. Instruksi yang berkaitan dengan pemikiran logic dapat membantu project Anda menjadi dimanis, sehingga sprite dapat berperilaku berbeda tergantung situasinya. Misalnya, di project lain, seperti game, sangat penting untuk suatu sprite melakukan tindakan yang berbeda tergantung pada situasinya.
Teknis Pelaksanaan Lomba
- Peserta dapat membuat karya mulai dari tanggal 13 Agustus (setelah Technical Meeting) – 26 Agustus 2021;
- Peserta mengirimkan karyanya melalui link berikut: FORM SUBMIT KARYA;
- Batas akhir pengiriman karya adalah SENIN, 26 Agustus 2021;
- Mengisi pernyataan keaslian karya bebas plagiarisme dan pelanggaran hak cipta. File pernyataan dapat diunduh melalui link berikut: PERNYATAAN KEASLIAN KARYA;
- Mengisi data pada formulir
- Biodata Peserta
- File JPG/PNG Kartu Tanda Mahasiswa
- Nama Lengkap
- NIM
- No. HP
- Akun Instagram dan FB
- Karya
- Judul Karya
- Ide yang ingin diceritakan dalam desain, maksimal 2 paragraf
- Daftar link stok desain (jika menggunakan).
- Pernyataan keaslian karya.
- Biodata Peserta
Kriteria Penilaian
- Karya yang diterima sesuai batas waktu yang ditentukan akan diseleksi berdasarkan:
- Orisinalitas
- Kesesuaian dengan tema
- Visualisasi
- Komunikatif dan edukatif
- Indikator penilaian karya sebagai berikut:
No | Indikator | Kriteria | Bobot Penilaian |
---|---|---|---|
1 | Orisinalitas | Ide yang bersifat asli Belum pernah di Publikasikan Tidak ada Plagiarisme; | 25% |
2 | Keseuaian dengan tema | Ruang Lingkup Kampanye Positif (Preventif, promotif, kuratif, persuasif dan lainnya) Kedalaman Eksplorasi Faktual Aktual | 25% |
3 | Visualisasi | Komposisi Konten dan Gambar (keterbacaan dan warna) Daya Tarik (Penggunaan simbol, gambar, dan lainnya) Estetika | 25% |
4 | Komunikatif dan edukatif | Edukatif (Pengaruh Positif) Memberikan Nilai/Value, (Bahasa, kata-kata yang bijak) | 25% |
Apresiasi dan Hadiah Pemenang Lomba
- Juara 1: Piala + Uang pembinaan sebesar Rp. 500.000,– (Lima Ratus Ribu Rupiah)
- Juara 2: Piala + Uang pembinaan sebesar Rp. 400.000,- (Empat Ratus Ribu Rupiah)
- Juara 3: Piala Uang pembinaan sebesar Rp. 300.000,- (Tiga Ratus Ribu Rupiah)
- E-Sertifikat
Pemenang akan diumumkan pada tanggal 31 agustus 2021 di laman http://www.pilkom.ulm.ac.id dan dihubungi oleh panitia.
Narahubung
- Alka : 085350058796
- Marlina: 083147903160