Banjarmasin – pilkom.ulm.ac.id, Pelatihan ini dilaksanakan sebagai salah satu rangkaian pelatihan yang dimulai dengan pelatihan Geogebra pada pada hari Rabu 4 Agustus 2021 kemudian dilanjutkan pelatihan iSpring pada Kamis tanggal 5 Agustus 2021 pada pukul 08.00 – 12.30 WITA. Pelatihan ini dilaksanakan melalui Zoom Meeting dan live stream Youtube. Semua tim PKM dan panitia bertempat di ruangan 25 Program Studi Pendidikan Komputer FKIP ULM untuk menjalankan bersama-sama agar pelatihan dapat dilaksanakan sebaik mungkin. Pelatihan ini diikuti oleh guru-guru SMP Kota banjarmasin yang tergabung pada MGMP Kota Banjarmasin dan juga peserta dari luar banjarmasin dengan berbagai profesi seperti mahasiswa, guru, dosen dan widyaiswara. Gambar 5.1 Pemaparan materi “Jurus Jitu di era Disrupsi” oleh WD 2 FKIP ULM.
Dalam pelatihan kali ini, Wakil dekan II Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ULM, Dr. Imam Yuwono, M.Pd memaparkan materi yang berjudul jurus jitu diera disrupsi ditunjukkan pada gambar 1. Secara singkat materi ini sangat cocok dengan pelatihan kali ini dimana dibahas mengenai banyak hal yang mendistrupsi diberbagai bidang sehingga guru dinilai harus mempunyai jurus jitu agar dapat mengatasinya. Dan pelatihan menggunakan teknologi seperti iSpring yang dapat mengembangkan bahan pembelajaran adalah cara nyata prodi pendidikan komputer Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ULM dalam mengatasi disrupsi yang ada. Gambar 5.2 Materi pengantar Media Pembelajaran Interaktif.
Selanjutnya Koordinator Prodi Pendidikan Komputer FKIP ULM, Dr. Harja Santana Purba, M.Kom. menjelaskan mengenai topik media pembelajaran interaktif secara umum seperti pada gambar 2. Pada paparan beliau, juga diselipkan mengenai pengenalan dan pelatihan singkat media pembelajaran interaktif yang dikembangkan oleh Prodi Pendidikan Komputer FKIP ULM seperti yang ditunjukkan pada gambar 3. Gambar 5.3 Pelatihan media pembelajaran interaktif Bangun Ruang Sisi Lengkung dan Statistika Gambar 4 Pelatihan iSpring.
Pada kegiatan kedua ditunjukan pada gambar 4 dan 3 yakni pemaparan pengembangan media pembelajaran menggunakan iSpring akan dijelaskan oleh narasumber yaitu Nur Anisa Fitriani, S.Pd yang juga merupakan alumni dari Prodi Pendidikan Komputer Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ULM. Pada tahapan ini, setelah pemateri memberikan penjelasan materi, peserta diberikan kesempatan untuk bekerja secara langsung mengembangan media pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan oleh guru/ peserta. Setelah peserta membuat media pembelajarannya, hasil karyanya akan evaluasi oleh narasumber dan tim PKM.
Strategi yang digunakan selama pelatihan adalah menggunakan strategi presentasi, diskusi, tanya jawab, dan penugasan. Hal ini dimaksudkan agar peserta memahami konsep konsep dan prosedur pengembangan media pembelajaran menggunakan iSpring. Pada pelaksanaan pelatihan, tim peneliti membagi dalam tiga sesi kegiatan, kegiatan pertama yakni Pengenalan sekaligus pelatihan penggunaan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan oleh Prodi Pendidikan Komputer Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ULM yaitu Bangun Ruang Sisi Lengkung dan Statistika. Selanjutnya kegiatan pengembangan media pembelajaran yang meliputi perencanaan media pembelajaran, pemilihan media, penggunaan media, evaluasi media pembelajaran. Kegiatan ini dimaksudkan agar peserta memahami konsep utama pengembangan media pembelajaran yang lebih sistematis dan komprehensip sesuai dengan tujuan pembelajaran, karakteristik peserta didik, metode pembelajaran, serta sarana dan prasarana pendukung pembelajaran. Gambar 5.5 Narasumber memaparkan materi pelatihan.
Strategi yang digunakan adalah ceramah, kooperatif dan diskusi. Pelatihan di awali dengan presentasi oleh narasumber, kemudian dilanjutkan proses tanya jawab dan guru mengisi lembar evaluasi kegiatan. Pada pelaksanaannya, tim PKM terdiri dari dosen, teknisi lab dan juga panitia kegiatan.
Antusiasme peserta terlihat dari awal pelatihan dimana adanya harapan dari peserta agar media pembelajaran interaktif yang dikembangkan oleh Prodi Pilkom dapat dipergunakan oleh khalayak umum. Selanjutnya sesi tanya jawab dari pelatihan juga berlangsung menarik dimana peserta antusias agar dapat menguasai iSpring sehingga dapat dipergunakan untuk mengembangkan media pembelajaran mereka.