Sebaran Mata Kuliah

Kelompok bahan kajian pada program studi Pendidikan computer mengacu pada bahan kajian untuk program sarjana Ilmu Komputer yang disusun oleh APTIKOM pada tahun  2019. Terdapat tiga kelompok bahan kajian prodi Pilkom, yaitu kelompok bahan kajian Pedagogic, Profesionalisme dan Materi Ilmu Komputer, serta Dasar Umum (Pribadi dan Sosial), selengkapnya dapat dilihat pada Gambar 1. 

Gambar 1. Gambaran Body of Knowledge Pendidikan Komputer
Kode BK Deskripsi Bahan Kajian Mata Kuliah
A Untuk memahami konsep dasar psikologi pendidikan, perkembangan kognitif peserta didik,, berbagai teori belajar, kompetensi dan etika profesi guru, serta pengelolaan sekolah
  1. Pengantar Pendidikan
  2. Perkembangan Peserta Didik
  3. Belajar dan Pembelajaran
  4. Profesi  Kependidikan
  5. Manajemen Dan Administrasi Sekolah
B Untuk memahami kurikulum sekolah, berbagai teori belajar yang berkaitan dengan pembelajaran ilmu komputer, model-model pembelajaran, mengembangkan rencana pembelajaran, media dan teknologi pembelajaran, beserta evaluasinya, serta mempraktikannya baik di dalam peer teaching maupun di sekolah mitra.  
  1. Telaah Kurikulum Ilmu Komputer SMK
  2. Strategi Belajar Mengajar
  3. Evaluasi Pembelajaran
  4. Perencanaan Pembelajaran Ilmu Komputer
  5. Media & Teknologi Pembelajaran
  6. Program Latihan Persekolahan 1
  7. Praktek Kerja Lapangan (PKL)
  8. Program Latihan Persekolahan 2  
C Untuk memahami materi dasar matematika yang digunakan untuk memodelkan dan menganalisis sistem komputasi, termasuk konsep-konsep dasar matematika, kalkulus, struktur diskrit, statistika dan probabilitas, logika,  aljabar linear, serta metode numerik.
  1. Matematika Dasar
  2. Kalkulus
  3. Matematika Diskrit
  4. Statistika dan Probabilitas
  5. Logika untuk Ilmu Komputer
  6. Aljabar Linier
  7. Metode Numerik
  8. Simulasi dan Pemodelan
D Untuk menguasai teori dan konsep yang mendasari ilmu computer,  memahami dan mengimplementasikan konsep-konsep bahasa pemrograman dalam menyelesaikan masalah, memahami konsep-konsep dan kompleksitas algoritma yang dapat digunakan dalam pemodelan dan desain sistem berbasis computer.
  1. Pemrograman Dasar 1
  2. Struktur Data
  3. Disain dan Analisis Algoritma
  4. Pemrograman Dasar 2
  5. Pemrograman Web 1
  6. Pemrograman Web 2
  7. Pemrograman Logika
  8. Pemrograman Perangkat Bergerak
  9. Sistem Cerdas
E Untuk menguasai proses merencanakan, membangun dan mengevaluasi perangkat lunak dalam berbagai area, termasuk yang berkaitan dengan interaksi antara manusia dan computer, serta pemakaian computer dalam pengajaran; memahami konsep-konsep yang berkaitan dengan manajemen informasi, serta konsep dan teori tentang basis data.
  1. Rekayasa Perangkat Lunak
  2. Proyek Prangkat Lunak
  3. Penjaminan Mutu Perangkat Lunak
  4. Manajemen Proyek
  5. Sistem Interaksi
  6. Pengajaran Berbantuan Komputer
  7. Sistem Informasi Pendidikan
  8. Sistem Informasi Geografis
  9. Basis Data 
  10. Basis Data Lanjut  
F Untuk memahami konsep dasar fisika yang digunakan dalam pengembangan hardware computer; memahami sistem serta prosedur yang berkaitan dengan sistem computer; memahami abstraksi dari ekskusi sebuah program pada sebuah sistem computer; memahami konsep-konsep yang berkaitan dengan arsitektur dan organisasi computer; memahami konsep sistem keselamatan dan keamanan informasi.
  1. Fisika Dasar
  2. Sistem Operasi
  3. Pengembangan Open Source
  4. Pengantar Sistem Digital
  5. Pengantar Organisasi Komputer
  6. Kriptografi dan Keamanan Informasi
G Untuk memahami prinsip dasar sistem jaringan computer, mengembangkan aplikasi sederhana berbasis jaringan, dan mengelola server jaringan computer.
  1. Jaringan dan Komunikasi Data
  2. Administrasi Sistem
H Menerapkan pendekatan berbagai sistem cerdas yang sesuai dengan problem yang dihadapi
  1. Data Sains
  2. Pengolahan Bahasa Manusia
  3. Mesin Learning
I Untuk menguasai konsep grafik primitif, ruang geometri grafik dan komponen multimedia, menganalisis citra digital, dan menguasai konsep dasar pengolahan multimedia.
  1. Grafika Komputer
  2. Pemrosesan Citra Digital
  3. Teknik Pengolahan Multimedia
J Untuk memiliki kecakapan personal, kecakapan sosial, kecakapan intelektual dan kecakapan vokasional untuk bekerja atau usaha mandiri,  menuju hidup sehat dan berkualitas, mendapatkan pengetahuan dan wawasan, memiliki akses untuk mampu memenuhi standar hidup secara layak.  
  1. Komputer dan Masyarakat
  2. Skripsi
  3. Kewirausahaan
  4. Digital Fotografi
  5. Metode Penelitian
K Untuk memahami dan menyelesaikan masalah-masalah kemanusiaan, sosial kemasyarakatan berdasarkan keyakinan Agama yangg dianut, berkaitan dengan pendidikan dan interaksi sosial dan kemasyarakatan.
  1. Bahasa Indonesia
  2. Agama
  3. Kewarganegaraan
  4. Pancasila
  5. Bahasa Inggris 1
  6. Bahasa Inggris 2
  7. Pengantar Lingkungan Lahan Basah

 

No

Kode Mata Kuliah

Mata Kuliah

SKS

KELOMPOK MATA KULIAH UMUM (MKU) 18 SKS

1

AULM1161

Agama

3

2

AULM1171

Pancasila

2

3

AULM1272

Kewarganegaraan

2

4

AULM1152

Bahasa Indonesia

3

5

AULM1151

Bahasa Inggris 1

2

6

AULM1252

Bahasa Inggris 2

2

7

AULM1115

Pengantar Lingkungan Lahan Basah

2

8

AULM1251

Kewirausahaan

2

KELOMPOK MATA KULIAH DASAR KEPENDIDIKAN (MKDK) 10 SKS

9

AKWF2101

Pengantar Pendidikan

2

10

AKWF2102

Perkembangan Peserta Didik

2

11

AKWF2203

Belajar dan Pembelajaran

2

12

AKWF2204

Profesi Kependidikan

2

13

AKWF2305

Manajemen Dan Administrasi Sekolah

2

KELOMPOK MATA KULIAH BIDANG KEAHLIAN (MKBK) 119 SKS

14

ABKC6101

Matematika Dasar

3

15

ABKC6102

Fisika Dasar

3

16

ABKC6103

Pemrograman Dasar 1

4

17

ABKC6104

Pengantar Sistem Dijital

2

18

ABKC6201

Matematika Diskrit

2

19

ABKC6202

Kalkulus

3

20

ABKC6203

Pengantar Organisasi Komputer

3

21

ABKC6204

Struktur Data

3

22

ABKC6205

Pemrograman Web 1

3

23

ABKC6301

Aljabar Linier

3

24

ABKC6302

Statistika dan Probabilitas

2

25

ABKC6303

Pemrograman Dasar 2

3

26

ABKC6304

Sistem Operasi

3

27

ABKC6305

Disain dan Analisis Algoritma

2

28

ABKC6306

Pemrosesan Citra Digital

3

29

ABKC6307

Basis Data

3

30

ABKC6403

Pemrograman Perangkat Bergerak

3

31

ABKC6404

Pemrograman Web 2

3

32

ABKC6405

Jaringan dan Komunikasi Data

3

33

ABKC6406

Logika untuk Ilmu Komputer

2

34

ABKC6412

Pengembangan Open Source

3

35

ABKC6501

Teknik Pengolahan Multimedia

3

36

ABKC6502

Sistem Interaksi

2

37

ABKC6503

Rekayasa Perangkat Lunak

2

38

ABKC6504

Proyek Perangkat Lunak

4

39

ABKC6607

Sistem Informasi Pendidikan

2

40

ABKC6701

Data Sains

3

41

ABKC6702

Pengajaran Berbantuan Komputer

3

42

ABKC6703

Metode Numerik

3

43

ABKC6805

Sistem Informasi Geografis*

3

44

ABKC6407

Grafika Komputer*

3

45

ABKC6408

Sistem Cerdas*

3

46

ABKC6409

Pilihan Lintas Prodi 1

2

47

ABKC6410

Pilihan Lintas Prodi 2

2

48

ABKC6411

Pilihan Lintas Prodi 3

3

49

ABKC6704

Mesin Learning*

3

50

ABKC6705

Simulasi dan Pemodelan*

2

51

ABKC6706

Digital Fotografi*

3

52

ABKC6707

Pemrograman Logika*

3

53

ABKC6803

Pengolahan Bahasa Manusia*

3

54

ABKC6804

Kriptografi dan Keamanan Informasi*

2

55

ABKC6505

Penjaminan Mutu Perangkat Lunak*

2

56

ABKC6506

Manajemen Proyek*

2

57

ABKC6507

Administrasi Sistem*

2

 

 

 

 

KELOMPOK MATA KULIAH KETERAMPILAN PROSES PEMBELAJARAN (MKKPP) 20 SKS

58

AKPC6402

Media & Teknologi Pembelajaran

2

59

AKPC6508

PKL*

2

60

AKPC6601

Telaah Kurikulum SMK (Disain instruksional)

3

61

AKPC6602

Strategi Belajar Mengajar

3

62

AKPC6603

Evaluasi Pembelajaran

2

63

AKPC6604

Perencanaan Pembelajaran Ilmu Komputer

2

64

AKPC6605

Program Latihan Persekolahan 1 (PLP 1)

2

65

AKPC6606

Program Latihan Persekolahan 2 (PLP 2)

4

 

 

 

 

KELOMPOK MATA KULIAH PENGEMBANGAN PENDIDIKAN (MKPP) 10 SKS

66

APPC6401

Metodologi Penelitian

2

67

APPC6801

Komputer Masyarakat

2

68

APPC6802

Skripsi

6

 

 

 

 

JUMLAH TOTAL SKS YANG DITAWARKAN

177

JUMLAH SKS MINIMAL YANG WAJIB DIAMBIL

146